Saat ini kondisi negara kita sedang dalam darurat dikarenakan tingginya kasus posotif covid-19. Dalam keadaan ini, gejolak batin melingkupi ruang pikir kita apalagi dengan adanya ppkm darurat yang diputuskan pemerintah. Sebagai upaya untuk menekan penyebaran kasus covid-19 dengan varian baru.

Waktu yang terus berjalan menambah kepenatan hati apalagi harus menjalani karantina yang membuat keadaan semakin terpuruk bahkan frustasi. Kita hanya ciptaan yang memiliki banyak kekurangan dan kelemahan dalam diri kita. 

Kekurangan dan kelamahan kita sebagai wujud keterbatasan. Sebab hanya Dialah yang memiliki segala galanya diatas segala galanya. Walau demikan ulur tangan Tuhan tak henti bagi kita. Dia melengkapi kita dengan berbagai perlengkapan. Dalam hal ini, adalah pikiran yang menyatu dengan diri kita sendiri.

Pikiran kita pada saat tertentu mengalir hal hal indah yang menyenangkan baik itu pada masa lampau maupun masa kini. Dan hebatnya, pikiran kita dapat menggambarkan segala yang baik bagi diri di masa mendatang yang dikenal dengan istilah imanjinasi. 

Tetapi pada saat tertentu kita digalih lebih dalam oleh pikiran kita sendiri yang terkadang membuat situasi emosi tak menentu. Sehingga muncullah ketidaksabaran. 

Ketidak sabaran manusia didorong oleh berbagai hal. Sebagai kenyataan yang disaksikan saat ini adalah adanya pandemi. Yang menelan banyak korban jiwa. Tak hanya itu, wabah covid-19 telah membuat saudara dan saudari kita kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian. 

Kita sebagai seorang Kristen, dapat melihat kesabaran didalam pribadi Yesus itu sendiri. Penderitaan, penyaliban, dan kematianNya. Disanalah sisi inspiratif yang mencerminkan kesabaran yang mesti menjadi tolak ukur yang dapat ditenggelamkan dalam diri dan menetap sebagai sahabat diri pula sehingga kita bisa aplikasikan kesabaran itu sendiri dalam kehidupan kita pada setiap waktu.

Dan berikut ini, kami merangkumkan doa Kristen Katolik memohon kesabaran. Yang nantinya dapat digunakan sebagai materi doa ketika hendak bercakap dengan Allah, Bapa kita.

Doa mohon kesabaran 1

Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah satu satunya bagiku. Dengarkan aku dan jangan biarkan aku jauh daripadaMu. Engkau menjanjikan Roh Kudus sebagai sumber kebenaran sejati didalam pribadi kami yang mengimaniMu. Karena itu, bangkitkan semangat kesabaranku ditengah situasi yang sedang kuhadapi saat ini. 

Dari Engkaulah asal kesabaranku. Sebab melalui wafat dan kebangkitanMu, Engkau menunjukkan kepada kami kasih setia. Sebagai buah dari kesabaranMu. Didepan mataMu tampaklah segala kekurangan dan kelamahanku. Maka jadilah sumber kesabaranku dan rengkuhlah aku dalam segala kelemahan dan kekuranganku. Amin

Doa mohon kesabaran seri 2

Allah Bapa yang maha baik. Engkaulah yang selalu menjawab segala perkara didalam hidupk, Engkau selalu menerangi jalan jalan yang kulalui. Melalui Roh Kudus, Engkau memberikan anugerah untuk melihat yang baik dan benar. Dibwah salib Kristus, aku bersimpuh dan memohon kelemah lembutanMu sudilah Engkau mengobarkan api kesabaran sejati didalam diriku ini. Ditengah tengah situasi yang kuhadapi saat ini. Bapa, tak ada yang lain yang aku harapkan. Selain diriMu yang selalu mencintai dan mengasihiku. Hingga aku boleh memetik benih benih baik dari apa yang kuhadapi ini, Amin.

Itulah dua teks doa memohon kesabaran. Terutama di masa pandemi ini. Semoga kutipan doa ini, dapat bermanfaat dalam menambah iman kita sebagai seorang Kristen Katolik. Shalom.