ayat alkitab motivasi agar lebih semangat, tegar dan kuat

Semangat hidup dibutuhkan oleh manusia. Dalam konsep pengembangan diri, semangat ialah kekuatan yang dimiliki oleh seseorang dalam menjalani hidup. Tanpa ada batasan tertentu demi tercapainya sebuah tujuan yang hendak dicapai. Semangat merupakan dorongan yang dimiliki oleh setiap orang, dan itu adalah anugerah Tuhan dalam menghadirkan sesuatu yang baik serta bermanfaat bagi diri dan orang lain.

Namun, ada saat saat tertentu, seseorang akan mengalami kehilangan semangat. Atau setidaknya, kita pernah mengalami yang namanya kehilangan rasa ‘semangat’. Kenyataan ini, dipicu oleh berbagai faktor baik secara fisik maupun mental. Misalnya, merasa cape, sakit, dan lain sebagainya. Sedangkan pengaruh mental adalah kurangnya rasa percaya diri atau merasa pesimis dengan apa yang sedang diperjuangkan.

Kondisi semacam ini (sakit) sesuatu yang tak dapat di tolak. Namun setidaknya, kita mengaplikasikan pikiran yang baik bahwa Tuhan memberi yang terbaik bagi pemulihan kita. Dengan caraNya, yang penuh kuasa itu.

Sementara kurang percaya diri, adalah sesuatu yang harus disingkirkan. Karena hal itu, dapat menghambat diri dalam menuju hidup yang lebih baik. Sebagai orang Kristen, dukungan doa dalam penyertaan Kristus menjadi tameng dalam memulihkan kembali semangat hidup yang tergerus oleh kelemahan mental kita sendiri.

Melalui firman Tuhan, (Ayat Alkitab) kita dapat menemukan itu, yang dapat di renungkan, saat dimana, rasa semangat hidup kita tampaknya suram dari ruang perjuangan kita menuju keberhasilan yang hidup hendak dicapai. Sehingga dengan demikian, pikiran dan fisik kita dapat kembali bersinar dalam genggaman Tuhan dengan segenap iman yang kita miliki.

Pertama,  temukan semangat hidup didalam Tuhan.


Amsal 3:5-6. Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.

Ini adalah pesan terbaik. Yang memotivasi anda untuk mengambil kembali semangat hidup yang telah hilang. Sebagai sesuatu yang sederhana, anda dapat mengatakan ini dalam hati” Dalam nama Tuhan Yesus, aku diberi kekuatan dan semangat yang penuh dalam segala hal.” Sebab kita memiliki Tuhan Yesus, yang begitu hebat dan dahsyat bagi kehidupan kita. Keselamatan dan motivasi yang datang daripadaNya, bukan lagi menjadi sesuatu yang tersembunyi. Melainkan telah menjadi arteri kehidupan bagi orang orang yang percaya kepadaNya.

Kolose 1:27. Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!

Kedua, hadirkan semangat hidup melalui iman yang kita miliki.


Sebagai orang beriman, tentu kita yakin! Bahwa segala sesuatunya datang daripada Tuhan. baik dalam bentuk lika liku kehidupan, maupun sesuatu yang terjadi dalam kesempatan yang secara tiba tiba.

Semua itu, senantiasa mengajarkan kita untuk kembali pada kesadaran sebagai ciptaan. Melalui keyakinan kuat yang dimiliki, seseorang dapat bangkit dari segala macam tantangan dan menemukan kembali semangat hidupnya. Berakar pada Tuhan, melalui keyakinan yang kuat, maka kita akan diselamatkan.

Hal ini, merujuk pada seluruh isi kehidupan kita saat ini, hingga akhir perjalanan kita diatas semesta ini.

Roma 10:9,13. Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan.

Ketiga, Tuhan yang memilih maka Dialah yang memberi kekuatan dan semangat bagi kita.

2 Samuel 22:32-34 Sebab siapakah Allah selain dari TUHAN, dan siapakah gunung batu selain dari Allah kita? Allah, Dialah yang menjadi tempat pengungsianku yang kuat dan membuat jalanku rata; yang membuat kakiku seperti kaki rusa dan membuat aku berdiri di bukit.

Yunus 2:7 Ketika jiwaku letih lesu di dalam aku, teringatlah aku kepada TUHAN, dan sampailah doaku kepada-Mu, ke dalam bait-Mu yang kudus.

Mazmur 147:5 Besarlah Tuhan kita dan berlimpah kekuatan, kebijaksanaan-Nya tak terhingga.

Kalau Tuhan tidak memilih kita, maka bisa saja kita tidak ada dunia ini. Penentuan hidup pada dasarnya ada pada tangan kita sendiri. Namun bukan berarti, Tuhan tidak turut menentukan yang terbaik bagi kita. Dalam kebaikan dan kemuliaanNya, Dia memahami dan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan kita.

Dengan demikian, Tuhan juga tahu bahwa kehilangan semangat dapat membawa pengaruh yang kurang baik bagi keberlangsungan hidup kita. Sehingga disaat yang sama kita dipanggil untuk bersandar dan memohon terang Roh KudusNya. Agar sekiranya, kita dipulihkanNya kembali dari rasa kehilangan semangat kita.

Melalui ayat alkitab yang kita baca dalam artikel ini, pribadi kita sebagai orang Kristiani, dituntut untuk mengandalkan Tuhan dalam kekuatan iman kita. Biarkan segala yang ditempuh dalam perjuangan hidup kita, dilalui bersama Tuhan yang menjadi kekuatan dan pemberi semangat hidup kita.

Oleh: Hendrik