doa dalam katolik dalam kesulitan keuangan, membayar hutang, matius 11:28

Kesulitan hidup, di alami oleh semua manusia di muka bumi ini. Ada berbagai tantangan yang ditemukan dan yang lebih dekat dengan kehidupan kita adalah masalah keuangan. Biar bagaimanapun tentunya kita juga harus bersyukur atas kondisi lain yang membahagiakan kehidupan kita. Uang bukan segala-galanya, tapi segala-galanya butuh uang. Namun sebaliknya, uang tidak bisa didapat jika kondisi fisik kita terganggu atau kurang sehat.

Nah, itulah yang kita syukuri. Matius 11:29 disana ada kata "belajarlah kepada-Ku." Penulis tidak sedang bicara secara Theologi, tapi bicara akal sehat. Dari dua kalimat ini, menyimpan sejuta makna yang mengandung motivasi yang amat luar biasa. Belajar-bersyukur-menerima dan juga belajar untuk lebih memahami diri sendiri dengan segenap kelemahan dan kekurangan yang kita miliki. Tak terkecuali dalam masalah  keuangan atau hutang.

Mungkin saja kita terlalu berfoya-foya atau boros, sebut saja kita membeli sesuatu yang memang kurang begitu dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari untuk jangka waktu yang panjang.

Namun dalam kalimat ini, ada ungkapan Tuhan Yesus lebih lanjut “karena aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.” Ya, Dia memberi kita yang baik dengan caranya yang lembut agar kita memperoleh ketenangan dan kekuatan disaat sesuatunya tampak hilang.

Melalui doa kita, Tuhan Yesus menggerakan Roh Kudus yang telah ada dalam hati kita untuk memberi petunjuk atau solusi yang tepat dari kesulitan keuangan yang kita alami. Dengan keyakinan yang kuat pada perolongan dan belas kasihan Tuhan, yakinlah masalah keuangan yang dialami saat ini bakal menemukan solusi yang baik. Disamping kita berusaha untuk mendapatkannya.

Berikut teks doa katolik ketika sedang dalam kesulitan keuangan. Didoakan dengan penuh keyakinan dan percaya, bahwa Tuhan Yesus selalu ada dan bersama kita, yang siap memberi jalan keluar dari apa yang sedang kita alami.

Mukjizat doa Katolik ketika dalam kesulitan keuangan

Tuhan Yesus Terkasih, pelindung kami, kekuatan kami, dan pemberi yang baik bagi kami. Engkau memanggil kami semua untuk berhimpun dibawah salib suciMu. Engkau adalah sumber dari segala yang kami miliki. Aku datang ke hadapanMu yang Suci karena aku percaya pada kebaikan dan cintaMu untukku.

Menjawab panggilanMu kepada kami:”Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu." Aku datang dengan segenap hati dan iman yang kuat akan diKau bahwa, Engkaulah segalanya bagiku, yang mendengar semua doa dan memberi jawaban kepada kami dengan cara terbaikMu, terutama apa yang baik bagi keberelangsungan hidup kami yang sesuai dengan kehendakMu.

Dan pada saat ini, aku sedang dalam kesulitan keuangan yang berat, aku tidak memiliki siapa-siapa lagi, selain Engkau yang kukasihi. Ampuni aku atas kegagalan dan perbuatanku pada hari yang lalu, yang membawa aku dalam kesulitan ini. Tuhan Yesus, aku sadar semua ini oleh karena kelemahanku sendiri. Namun atas segala FirmanMu, aku berserah kepadaMu.

Berilah aku petunjuk atau sarana yang dapat membantu dalam meringankan beban keuanganku saat ini. Bimbinglah aku Tuhan untuk dapat hidup hemat. Bebaskan aku dari keinginan dagingku ke banyak hal, yang tidak terlalu penting dalam keberlangsungan hiduku.

Tuhan Yesus, tunjukkanlah kemurahan HatiMu kepadaku yang dapat membantu meringankan kesulitan yang kualami saat ini. Terima kasih Tuhan Yesus, sebab Engkau selalu bersamaku yang membawa aku dalam cinta dan harapan ketika aku merasa kehilangan harapan. Dengan keyakinan akan cinta dan belaskasihanMu yang besar, berilah aku kesabaran untuk menunggu dengan kerendahan hati atas permohonanku dalam kesulitan ini. Semua ini aku satukan kedalam tanganMu bersama BundaMu terSuci dan sahabatMu terkasih St. Yudas Tadeus yang telah menjadi pelindung bagi semua orang yang sedang dalam kesulitan, Amin.

Doakan Bapa Kami Lima Kali...Salam Maria Tiga Kali.

Yakinlah pada pertolongan Tuhan dalam segala kesulitan yang sedang dialami. Kesulitan keuangan terkadang juga, oleh karena kesalahan atau kelemahan kita sendiri, sebagaimana telah disebutkan diatas. Tapi, tidak menutup kemungkinan apa yang sedang kita alami, merupakan sebuah pelajaran yang menghantar kita agar tidak mudah putus asa, terus berusaha, serta menata cara hidup yang lebih baik. Terutama dalam mengelola keuangan kita, baik dalam keluarga maupun secara pribadi. Semoga doa diatas dapat membantu dan membangkitkan semangat kita dalam iman dan keyakinan pada tuntunan Tuhan Yesus dengan cara terbaiknya.

Oleh: Tim Penulis ElyoenaiBlog.net
Dilarang menggandakan atau memodifikasi doa dalam artikel ini tanpa seijin pengelola situs ini.