cara doa novena agar terkabul dan waktu yang tepat untuk doa novena

Banyak orang katolik mengganggap bahwa doa novena sebagai sesuatu yang dahsyat dan ampuh, yang dilakukan sesorang ketika menginginkan sesuatu dari Tuhan.

Namun, tak sedikit juga orang yang berdoa novena disaat membutuhkan. Misalnya, Doa Novena Tiga Salam Maria ketika dalam masalah berat atau Doa Novena kepada Santo Yudas Tadeus ketika dalam kesulitan.

Tetapi kadang, kita tidak selalu mendapatkan apa yang kita inginkan, setidaknya, kita tidak selalu mendapatkannya dengan cara yang kita inginkan.

Karena itu, sebelum seseorang hendak menjalankan doa novena perhatikan tiga hal berikut sebagai cara yang efektif agar doa novena terkabul untuk suatu permohonan khusus.


Memahami tiga hal berikut sebelum anda melaksanakan doa novena


  • Memahami apa itu novena?

Kata “novena” berasal dari bahasa latin “novem” yang berarti sembilan. Dengan demikian, novena di lakukan selama sembilan hari pada jam yang sama dalam satu bulan, minggu, atau hari.

Dalam tradisi Roma Kuno berdoa selama sembilan hari merupakan suatu kebiasaan doa bagi orang meninggal sebagai cara untuk meratap kepergiannya dan menyerahkan jiwanya pada kemurahan Tuhan.

Pada awal abad pertengahan, doa novena sebagai persiapan untuk acara-acara besar Gereja seperti Natal, Pentakosta dan hari besar Gereja lainnya.

Seiring berjalannya waktu, pendarasan doa novena mengalami perubahan sebagaimana yang biasa kita lakukan sekarang ini, yang mana doa novena dapat dijadikan sebagai pengganti doa harian.


  • Menyadari bahwa Novena bukan sesuatu yang ajaib

Novena bukanlah sesuatu yang ajaib, dalam artikel sebelumnya telah di tuliskan 5 manfaat luar biasa dari doa novena, anda dapat membacanya karena menjadi salah satu dari poin penting yaitu; sarana untuk mengembangkan ketekunan dan ketaatan, kebiasaan doa yang baik, dan membangun hubungan yang lebih dalam kepada Tuhan.

ketika kita berdoa dengan menyadari keterbatasan kita sebagai ciptaan, maka doa novena membawa kita pada kedamaian dan sukacita terlepas dari terkabulnya permohonan kita dalam doa. Doa sebenarnya tak ada yang gagal, semuanya dikabulkan, hanya saja kita kurang memiliki kesabaran untuk menanti waktu Tuhan bagi kita.


  • Doa Noven berarti membuka diri kepada Tuhan

Doa novena bukan untuk mengendalikan Tuhan, tetapi lebih kepada keterbukaan diri seseorang kepada Tuhan dalam meningkatkan iman dan tumbuh dalam kasih kepada sesama.

Novena lebih kepada penyembuhan batin, yang mencakupi; bebasnya pikiran dari sebuah persoalan yang terus membebani diri. Mendapat rahmat khusus, dan perubahan diri untuk tumbuh dalam kebajikan dan kekudusan.

Cara Doa Novena untuk suatu permohonan khusus

  • Pertama, berserah pada kehendak Tuhan 

Mengutip osvnews.com dari seorang blogger yang tinggal di New York, ketika kita berdoa novena, berarti kita memusatkan perhatian spiritual kita dengan sungguh-sungguh pada satu set doa.

Memiliki sikap yang benar dan menyerah sepenuhnya kepada kehendak Tuhan adalah kunci dari novena.

Kita dapat merenungkan apa yang disampaikan Tuhan Yesus di taman Getsamani pada malam sebelum Ia ditangkap.” Ya Bapa-Ku, jikalau Engku mau, ambilah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi.” (Lukas 22:42).

  • Kedua, menyampaikan satu permohonan khusus

Novena adalah doa untuk menyampaikan suatu permohonan khusus, yang membantu kita memenuhi kebutuhan kita di hadapan Allah tanpa memberi tahu Tuhan bagaimana Ia menjawab doa kita. Penting bahwa permohonan anda jangan di ubah-ubah.

  • Ketiga, ungkapan iman yang menyatakan keyakinan pada kemampuan Tuhan untuk mengabulkan permohonan kita.

Seringkali kita memiliki keraguan, perlu diketahui bahwa doa yang didasari iman yang kuat kepada Tuhan membantu kita untuk mendapat rahmat dan menemukan harapan. Karena itu penting sekali bagi kita untuk memahami makna dari sebuah doa novena yang hendak kita doakan, yang membantu kita dalam merenungkan kebijaksanaan dan kebaikan Tuhan.

  • Keempat, tanamkan komitmen yang kuat dan hindari kebosanan

Tentu anda harus memiliki komitmen yang kuat, dan mampu menghilangkan rasa bosan. Mengulangi doa dari waktu ke waktu dapat membantu anda untuk belajar mendengarkan Tuhan ketika Ia berbicara kepada anda dalam doa.

Waktu yang tepat atau jam dalam melakukan doa novena.

  • Kapan waktu yang tepat untuk Berdoa Novena? 

Doa novena yang bersifat pribadi, berarti anda sendiri yang menentukan waktu. Dalam beberapa buku doa di sertakan catatan bahwa jika permohonan anda berat atau untuk masalah-masalah yang berat maka waktu yang tepat untuk doa novena adalah pagi dan sore hari. Banyak orang kudus dalam kutipan mereka bahwa “hanya dalam ketenangan dan kedamaian kita dapat mendengar suara Tuhan.”

Merujuk pada kutipan ini pastinya anda mencari jam jam yang tepat dalam sehari saat dimana, anda dapat berdoa dengan khyusuk dan penuh ketenangan. Ambilah di waktu subuh dan sore hari ketika rumah atau tempat anda tinggal sudah tampak tenang.

  • Bagaimana jika Doa Novena terputus?

Ini adalah pertanyaan yang sering di jumpai. Setelah penulis mencari tahu diberbagai forum online katolik ada banyak jawaban yang di berikan. Ada yang mengatakan doa ulang dari awal, dan ada juga yang mengatakan tidak apa-apa. Maka dari itulah anda perlu membaca ulang pada poin keempat.

Menjawab ini, kami menemukan sebuah jawaban yang menarik jika doa novena terputus, maka anda tidak perlu mengulangnya dari awal. Teruslah berdoa. Dan pada hari yang sama (hari yang dilewati) anda berdoa dua kali misalnya anda doa jam 5 pagi maka sore hari jam 17 anda kembali berdoa.

Contoh anda doa dari hari kamis minggu ini, berarti doa novena anda selesai pada hari jumaat pekan depan. Jika hari jumaat minggu ini yang dilewati, maka pada hari jumaat pekan depan anda berdoa dua kali. Yaitu jam 5 pagi dan jam 5 sore.

Namun semua itu kembali kepada pribadi masing-masing, apakah mau mengulangnya dari awal atau mengikuti panduan ini. Tetapi mengulang kembali, bila tidak memilik komitmen maka sama saja.

Demikianla Cara doa Novena untuk suatu permohonan khusus, semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam pengembangan iman kita.

Oleh: Marianus
Dirangkum Dari berbagai sumber