doa novena tak pernah gagal dan terkabul

Sejarah dan makna Doa Novena Tiga Salam Maria

Ada tradisi berabad-abad dalam doa umat katolik, untuk menghormati Bunda Allah, St. Perawan Maria dan meminta bantuannya disepanjang hidup kita sehari-hari yaitu, doa Tiga Salam Maria. Sebagai ciptaan Tuhan yang lemah dan penuh dosa, kerap kali kita berjuang untuk bertekun dalam berbuat baik. Namun tak jarang pula, kita menghadapi berbagai tantangan dan cobaan yang tak terhitung jumlahnya.

Melalui Doa Novena Tiga Salam Maria, Bunda Allah membantu kita dalam menaklukan rintangan, persoalan serta meningkatkan kemurnian hati. Di samping itu, devosi tiga Salam Maria dapat dipanjatkan sebagai pengganti doa harian kita.

Doa ini berasal dari Santa Mechtildis. Setelah mendapatkan pengalaman rohani dari Bunda Maria, ketika ia merasa cemas akan keselamatan hidupnya. Dalam doanya Bunda Maria mengabulkan permohonannya dan meminta orang Kudus ini, untuk mendaraskan Doa Novena Tiga kali Salam Maria.

Beberapa para Kudus lainnya seperti Santo Antonius Padua, St. Leonardus dari Porto Mauritio dan Santo Alfonsus de Liguori berperan besar dalam mewartakan doa Tiga Salam Maria ini.

Makna Singkat Doa Novena Tiga Salam Maria

Ini adalah doa yang sangat indah dalam menghormati tiga karunia khusus yang diberikan oleh Allah kepada Bunda Kita Maria; 

  • Kekuatannya
  • Kebijaksanaan dan 
  • Belas kasihan. 

Dalam novena Tiga Salam Maria kita meminta Bunda Maria untuk menggunakan tiga karunia tersebut atas nama kita agar mendapat bantuan Ilahi dari Tuhan, selain terkabulnya permohonan, yang jauh lebih penting adalah membantu umat beriman menjalani hidup yang lebih Suci.

Dengan kata-kata yang sangat kuat pastikan membawa perubahan nyata dalam hidup kita sehari-sehari. Selain daripada itu, doa novena jika dilakukan secara teratur dan rutin membawa manfaat yang luar biasa dalam kehidupan kita.

Silahkan baca:  5 manfaat luar biasa! ketika rajin Berdoa Novena 


    Dikalangan awam katolik bukan saja indonesia tetapi dunia pada umumnya, seringkali menilai bahwa doa novena adalah doa yang sangat ampuh, doa yang ajaib, tentu saja sebutan yang diberikan bukan tanpa sebab, pengalaman rohanilah yang mengantar seseorang untuk memberi penilaian secara peribadi.

    Bukan berarti, sebutan ini untuk mengesampikan doa-doa yang lain. Inilah ekspresi kegembiraan ketika doa dikabulkan. Ini menarik, sebab secara tidak langsung membangkitkan semangat iman seseorang yang berdampak postitif kepada yang satu dan yang lainnya.

    Panduan lengkap cara Doa Novena Tiga Salam Maria

    Didoakan selama sembilan hari berturut-turut. Jika permohonan anda berat, lakukan novena ini 3 kali berturut-turut. Artinya, setelah 9 hari pertama selesai, Anda memulai kembali sembilan hari kedepan. Jika dalam waktu tersebut permohonan Anda terkabul teruskan doa hingga selesai, dan petisi Anda diselipi ucapan syukur kepada Tuhan melalui doa “Tiga Salam Maria.” 

    Masih terkait permohonan yang berat: 
    • Untuk memperbesar kemungkinan akan terkabulnya doa, doakan dua kali sehari pagi dan petang. Inilah waktu yang tepat untuk berdoa Novena Tiga Salam Maria sebagaimana tercantum dalam buku doa resmi dari Gereja Katolik, maupun melalui Leaflet Doa Novena Tiga Salam Maria. 
    • Mengumumkan kalau permohonan Anda terkabul, sebagai tanda terima kasih dan penghormatan kepada Bunda yang tersuci.

    Doa Pembuka

    Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

    Syadat Singkat
    Aku percaya akan Allah, Bapa yang maha kuasa, pencipta langit dan bumi; dan akan Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal Tuhan kita, yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh Santa Perawan Maria; yang menderita sengsara dalam pemerintahan Pontius Pilatus,  disalibkan wafat dan dimakamkan, yang turtun ketempat penantian, pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati, yang naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa, dari situ Ia akan datang mengadili orang hidup dan mati. Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja katolik yang Kudus, persekutuan para Kudus, pengampunan dosa, kebangkitan badan kehidupan kekal. Amin

    Doa Bapa Kami
    Bapa kami yang ada di surga, dimuliahkanlah nama-Mu. Datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rejeki pada hari ini, dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami. Dan janganlah masukan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskan kami dari yang jahat. Amin

    Doa Tobat
    Allahku, dengan seluruh hatiku aku menyesali dosa-dosaku. Dengan berbuat yang jahat aku lalai untuk berbuat yang baik. Aku telah berdosa terhapa Engkau, yang seharusnya kucintai di atas segala-galanya. Dengan bantuan-Mu aku berjanji untuk tidak berdosa lagi, untuk bertobat dan menghindari apa saja yang dapat menjerumuskan aku ke dalam dosa. Amin

    Doa
    Bunda Maria, Perawan yang berkuasa, bagimu tidak ada sesuatu yang tak mungkin, karena kuasa yang dianugerahkan oleh Tuhan yang Maha Kuasa kepadamu. Dengan sangat aku mohon pertolonganmu dalam kesulitanku ini, janganlah hendaknya engkau meninggalkan aku, sebab aku yakin engkau pasti dapat menolong, meski dalam perkara yang sulit, yang sudah tidak ada harapannya, engkau tetap menjadi pengantara bagi puteramu.

    Baik keluhuran Tuhan dan penghormatanku kepadamu maupun keselamatan jiwaku akan bertambah seandainya engkau sudi menyampaikan segala permohonanku ini kepada Puteramu. Karenanya kalau permohonanku ini benar-benar selaras dengan kehendak putramu, dengan sangat aku mohon, oh Bunda, sudilah meneruskan segala prmohonanku ini ke hadirat Puteramu, yang pasti tak akan menolakmu.

    Pengharapanku yang besar ini, berdasarkan atas kuasa yang tak terbatas yang dianugerahkan oleh Allah Bapa kepadamu. Dan untuk menghormati besarnya kuasamu itu, aku berdoa bersama dengan Santa Mecthildis yang Kau beritahukan tentang kebaikan doa “Tiga Salam Maria” yang sangat besar manfaatnya itu.

    Doa Salam Maria...Tiga Kali
    (Petisi Anda)
    Bunda Maria yang baik hati, jauhkanlah Aku/Kami dari dosa-dosa berat.

    Perawan Suci yang disebut Tahta Kebijaksanaan, karena Sabda Allah tinggal padamu, engkau dianugerahi pengetahuan Ilahi yang tak terhingga oleh Puteramu, sebagai makluk yang paling sempurna untuk dapat menerimanya.

    Engkau tahu betapa besar kesulitan yang kuhadapi ini, betapa besar pengharapanku akan pertolonganmu. Dengan penuh kepercayaan akan tingginya kebijaksanaanmu, aku menyerahkan diriku seutuhnya kepadamu, supaya engkau dapat mengatur dengan segala kesanggupan dan kebaikan budi, demi keluhuran jiwaku. Sudilah kiranya Bunda dapat menolong dengan segala cara yang paling tepat untuk terkabulnya permohonanku ini.

    Bunda Maria, Bunda Kebijaksanaan Ilahi, sudilah kiranya Bunda berkenan menyampaikan kepada Bapa di Surga permohonanku yang mendesak ini. Aku memohon berdasarkan atas kebijaksanaanmu yang tiada bandingnya, yang dikaruniakan oleh Puteramu melalui Sabda Ilahi kepadamu.

    Bersama dengan St. Antonius dari Padua dan St. Leonardus dari Porto Mauritio, yang rajin mewartakan tentang devosi “Tiga Salam Maria” aku berdoa untuk menghormati kebijaksanaanmu yang tiada taranya itu.

    Salam Maria...Tiga Kali
    (Petisi Anda)
    Bunda Maria yang baik hati, jauhkanlah Aku/Kami dari dosa-dosa berat.

    Bunda Maria yang baik dan lembut hati, Bunda Kerahiman Sejati yang akhir-akhir ini disebut sebagai “Bunda yang penuh belas kasih”, aku datang padamu, memohon dengan sangat, sudilah kiranya Bunda memperlihatkan belas kasihmu kepadaku. Makin besar kepapaanku, makin besar pula belas kasihmu kepadaku. Aku tahu, bahwa aku tidak pantas mendapat karunia itu. sebab seringkali aku menyedihkan hatimu dengan menghina Puteramu yang Kudus itu. betapapun besarnya kesalahanku, namun aku sangat menyesal telah melukai Hati Kudus Yesus dan hati Kudusmu.

    Engkau memperkenalkan diri sebagai” Bunda para pendosa yang bertobat” kepada Santa Brigitta, maka ampunilah kiranya segala kurang rasa terima kasihku padamu. Ingatlah akan keluhuran Puteramu saja serta kerahiman dan kebaikan hatimu yang terpancar dengan menyampaikan permohonanku ini kepada Bapa melalui perantaraan Puteramu.

    Bunda Perawan yang penuh kebaikan serta lembut dan manis, belum pernah ada orang yang datang kepadamu dan memohon pertolonganmu engkau biarkan begitu saja. Atas kerahiman dan kebaikanmu, aku berharap dengan sangat, agar aku dianugerahhi Roh Kudus. Dan demi keluhuranmu, bersama St. Alfonsus Ligouri, rasul kerahimanmu serta pengajar devosi”Tiga Salam Maria”, aku berdoa untuk menghormati kerahimanmu dan kebaikanmu.

    Salam Maria...Tiga Kali
    (Petisi Anda)
    Bunda Maria yang baik hati, jauhkanlah Aku/Kami dari dosa-dosa berat.

    Doa Penutup
    Ibu Maria
    Bunda Maria, Ibuku yang baik hati, bantulah aku dalam menempuh kehidupanku ini, agar aku dapat mencapai kebahagiaanku dan cita-citaku. Oh Bunda bila aku ingat akan masa depan dan kesulitan-kesulitanku, aku sangat khawatir dan sedih, sering aku merasa putus asa. Bunda. Tolonglah aku dalam kesulitanku ini, agar aku selamat dapat meraih cita-citaku. Oh Roh Kudus terangilah akal budiku dan bimbinglah aku, ampunilah kesalahanku dan kabulkanlah doaku. Amin

    Jiwa Maria
    Jiwa Maria, sucikanlah aku, Hati Maria, nyalakanlah aku, Tangan Maria, sanggahlah aku, Kaki Maria, pimpinlah aku, Mata Maria, pandanglah aku, Bibir Maria, berkatalah kepadaku, Dukacita Maria, kuatkanlah aku, O Maria yang manis, dengarkanlah aku janganlah ijinkan daku terpisah darimu Terhadap musuh-musuhku, belalah aku tuntunlah daku kepada Puteramu Yesus semoga dengan dikau, aku dapat mencintai dan mengasihi sesamaku dan memujimu untuk selama-lamanya. Amin
    Terpujilah nama Yesus, Maria, dan Santo Yosef, sekarang dan selama-lamanya, Amin
    Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

    Itulah sejarah, makna dan panduan lengkap cara berdoa Novena Tiga Salam Maria. Dan juga waktu yang tepat untuk doa novena tiga salam maria sebaiknya didoakan dua kali sehari yaitu pagi dan petang, sebagaimana telah disebutkan di atas. Dan sebelum doa, anda harus merenungkan tiga makna doa novena tiga salam maria terlebih dahulu.

    Oleh: Tim Penulis Elyoenaiblog.net
    Gambar: Hendrik
    sumber:Leaflet Doa Novena Tiga Salam Maria.